Rabu, 31 Desember 2014

KARAKTERISTIK PEMIMPIN YANG DIBUTUHKAN BANGSA INDONESIA

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman. Di tengah keberagaman itu, dibutuhkan seorang pemimpin yang tangguh. Sebab, pemimpin yang tangguh akan mampu mengantarkan Indonesia meuju gerbang kemajuan dalam segala bidang.
            Pemimpin yang tangguh memiliki tafsiran makna yang sangat luas. Pemimpin tangguh merupakan pemimpin yang di dalam dirinya memiliki karakter 7B, yaitu beriman, berkata jujur, berbuat amanah, berpikiran cerdas, berani, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.
            Karakter pemimpin 7B tersebut sangat dibutuhkan bangsa Indonesia untuk mengubah status negara berkembang menjadi negara maju. Sebab, sebuah bangsa bisa maju karena di dukung oleh pemimpin yang tangguh.  Tangguh keimanannya, tangguh kejujurannya,tangguh keamanahannya, tangguh kecerdasannya, tangguh keberaniannya, tangguh tanggung jawabnya, dan tangguh akhlaknya.
            Pemimpin yang memiliki iman tangguh, akan berbuat sesuai dengan ajaran Tuhan dan meninggalkan hal yang dilarang Tuhan. Pemimpin yang tangguh kejujurannya, akan berkata dan berbuat dengan kejujuran hati. Sehingga dia tidak akan korupsi.
            Pemimpin yang amanah, akan menjaga kepercayaan rakyat dengan bertindak dan berperilaku yang konkrit untuk kesejahteraan rakyat semata, janji-janji kesejahteraan yang pernah diucapkan akan dibuktikan dengan tindakan-tindakan nyata.
            Pemimpin yang cerdas, akan mampu membawa bangsa Indonesia melewati berbagai masalah tanpa menimbulkan masalah baru. Dia cenderung akan berpikir bijak dan penuh pertimbangan, namun cepat dalam mengambil keputusan.
            Pemimpin yang tangguh harus berani. Berani dalam mengambil keputusan, namun tetap mengutamakan manfaat bagi kesejahteraan rakyat. Selain itu, pemimpin yang bertanggung jawab, akan melakukan sesuatu dengan penuh tanggung jawab dan mementingkan kemaslahatan rakyatnya.
            Pemimpin yang berakhlakul mulia tentunya segala perbuatan yang dilakukan berdasarkan ajaran agama. Dia tahu persis mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk. Sehingga, perbuatan dan perilakunya berdasarkan akhlak yang baik atau akhlakul karimah.

            Sehingga, jika bangsa Indonesia memiliki pemimpin yang tangguh, berkarakter 7B, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang tangguh dan mampu bersaing di kancah Internasional. Selain itu, akan tercipta pula masyarakat yang adil dan makmur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar